728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 01 November 2017

Mengenal Arduino

Arduino adalah platform elektronik open source yang berbasis pada perangkat keras dan perangkat lunak yang mudah digunakan. Arduino Boards dapat membaca masukan dari sensor dan mengubahnya menjadi beberapa output.

Atrduino Board


Tidak sesederhana itu saja, perangkat Arduino dapat digunakan untuk mewujudkan apa yang mungkin pernah diimpikan, mulai dari menghidupkan motor menggunakan HP, mempublikasikan hasil pembacaan sensor secara real time, membuat kunci rumah dengan sidik jari ataupun menginstruksikan sesuatu perangkat dengan menggunakan twitter.

Kongkritnya, Arduino adalah sebuah modul microcontroller   dengan  port input dan output   yang diprogram menggunakan bahasa  C Arduino

Arduino telah digunakan dalam ribuan proyek dan aplikasi yang berbeda. Perangkat lunak Arduino mudah digunakan untuk pemula, namun cukup fleksibel untuk pengguna tingkat lanjut. Perangkat lunak Arduino dapat berjalan pada OS Mac, Windows, dan Linux. Arduino adalah alat kunci untuk mempelajari hal-hal baru. Siapa saja baik anak-anak, seniman, programmer dapat mulai bereksperimen hanya mengikuti petunjuk langkah demi langkah dari kit, atau berbagi ide secara online dengan anggota komunitas Arduino lainnya.

Modul Arduino

Modul arduino terdiri dari beberapa type, perbedaan pada type-type tersebut terletak pada fiturnya. dari segi pemrograman pada dasarnya sama saja. 

Beberapa type modul arduino antara lain : Arduino Uno, Arduino Leonardo, Arduino Due  dll.


Kelebihan Modul Arduino antara lain :
  • Mudah digunakan , cocok sekali untuk pemula.
  • Fungsi Library (code program tinggal pakai) untuk akses hardware sangat banyak.  
  • Hardware-hardware tsb antara lain bluetooth,  berbagai macam sensor, GSM board, GPS , dll.
Nah, untuk saat ini cukup demikian pembahasan kita tentang Arduino, next time kita akan lanjutkan pembahasan dengan contoh penerapannya sehingga dapat lebih mudah difahami dan dikembangkan.

Terimakasih atas kunjungannya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengenal Arduino Rating: 5 Reviewed By: My Grapes