728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 08 Januari 2018

Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah

Sumber : http://www.grapestutorial.com

Pada Dasarnya, pemangkasan Anggur merupakan kunci utama untuk membuahkan anggur. Terdapat dua metode pemangkasan pohon anggur, yaitu cane pruning dan spur pruning. Pemilihan metode pemangkasan ini didasarkan kepada kultivar anggur itu sendiri. Karena beberapa kultivar akan menghasilkan buah yang baik dengan metode pemangkasan tertentu dan kultivar lainnya bisa lebih baik dengan metode pemangkasan yang lain pula.

Berikut Tips Pembuahan Pohon Anggur :
  • Tiga minggu sebelum pemangkasan, tanaman di pupuk dulu dengan NPK sebanyak dua sendok makan. Pupuk ini dicampur rata dengan media tanam bagian atas, lalu disiram dengan air hingga jenuh.
  • Pemangkasan sebaiknya dilakukan secara selektif. Hanya cabang tersier dengan mata tunas menonjol saja yang di pangkas. Biasanya cabang tersier yang mata tunasnya kecil dan tidak menonjol tidak mengluarkan bunga bila dipangkas. Oleh karena itu, cabang yang mata tunasnya kecil tidak perlu di pangkas. Pemangkasan ditunda dulu sampai mata tunasnya membesar.
  • Pemangkasan cabang tersier ini dilakukan pada ruas keempaat atau kelima dari pangkal cabang. Dengan pemangkasan seperti ini, pada setiap cabang tersier akan tersisa tiga atau empat mata tunas. Tiga atau empat mata tunas inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi ranting yang berbunga. Pemangkasan bisa diikuti dengan membuang semua daun sehingga cabang-cabang yang di pangkas tidak memiliki daun sama sekali.
  • Beberapa saat setelah di pangkas, luka akibat pemangkasan akan meneteskan air. Ini merupakan tanda bahwa cabang yang di pangkas telah cukup umur. Dua minggu kemudian mata tunas pada cabang yang tersisa akan menumbuhkan daun dan bunga. Bunga yang muncul selalu berhadapan dengan daun. Satu bulan setelah pemangkasan malai-malai bunga yang keluar sudah kelihatan jelas.
  • Pada pemangkasan pertama malai bunga yang muncul biasanya masih jarang. Malai bunga yang keluar pun juga kecil. Jumlah malai berangsur-angsur akan bertambah pada pemangkasan kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil berwarna hijau. Buah kecil ini lama-kelamaan akan membesar dan mencapai pertumbuhan maksimal. Masa pertumbuhan maksimal berbeda-beda berdasarkan jenis/varietas anggur.
  • Pada masa pertumbuhan buah, sebaiknya pemupukan dilakukan setiap bulan. 
Selengkapnya dapat dibaca pada Artikel berikut :
 



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Memangkas Anggur Agar Berbuah Rating: 5 Reviewed By: My Grapes