728x90 AdSpace

Latest News
Selasa, 28 Februari 2017

Penyebab Komputer/Laptop yang Sering Hang dan Lambat



Penyebab Komputer/Laptop yang Sering Hang dan Lambat- Permasalahan komputer/laptop yang lambat dalam bekerja seringkali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer dan laptop yang sangat lambat dan sering hang. Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer anda hang atau berjalan lambat.

Penyebab komputer Hang


1. Kondisi Harddisk


a. Usia Hardisk
Harddisk yang telah lama digunakan umumnya sering mengalami kerusakan dengan beberapa pertanda awal mulai dari tidak terdeteksi saat booting awal. Jika kondisi seperti ini biasanya booting dan loading windows akan terasa lebih lama dan lambat, tidak seperti biasanya, hal yang seperti ini lah yang menjadi salah satu penyebab komputer hang.

b. Bad Sector
Bukan hanya harddisk lama, harddisk baru juga bisa jadi penyebab hang pada komputer, jika terdapat bad sector. Harddisk yang bad sector inilah yang bisa jadi penyebab komputer hang. Terlebih jika bad sector berada pada awal partisi, karna disitulah file sistem anda disimpan. Windows dapat tiba-tiba tidak bekerja bila file sistem tidak dapat dibuka dikarenakan lokasi file terkena bad sector.

c. Fragmentasi
Masalah lain yang masih berhubungan dengan harddisk dan sering mengakibatkan hang yaitu fragmentasi pada data yang ada didalamnya, itu alasan mengapa butuh melakukan defrag terhadap harddisk.

2. Overheating Processor


Kebanyakan produsen motherboard umumnya sudah melengkapi proteksi untuk CPU dan system motherboard. Perlengkapan ini disebut Hardware monitoring. Pengendalian dari system monitoring dilakukan oleh sebuah chip yang mengontrol seluruh sistem motherboard seperti kecepatan fan, panas/ temperature processor, voltage dan sebagainya.

Salah satu option adalah untuk memonitoring suhu processor ini sebenarnya memberikan maanfaat yang sangat berarti bagi processor. Manfaatnya adalah memberikan warning secara dini terhadap temperature yang melebihi dari standard yang diijinkan. Tetapi pemakai pemula terkadang lupa mengaktifkan option ini dan bila suatu hari processor terjadi overheating, maka barulah menyadari manfaat option tersebut

pertolongan pertama pada kasus ini dengan melihat kipas prosessor, apakah tetap berjalan dengan normal? kipas yang tidak normal atau berputar sangat lambat bisa mengakibatkan sistem pendinginan tidak optimal dan bisa mengakibatkan overheating, kemungkinan komputer menjadi lambat bahkan hang. lebih-lebih bila kipas betul-betul tidak berfungsi.

3. Hardware


Hardware juga dapat menyebabkan komputer hang, jika kita menggunakan hardware yang kurang bagus, atau pada saat pemasangan yang kurang tepat, tidak kompetible dengan hardware yang lain yang mengakibatkan konflik hardware.

Konflik antar hardware, sering terjadi pada sistem operasi windows. penyebab terjadinya konflik pun beraneka ragam seperti perangkat lama yang sudah tua sehingga berbenturan dengan perangkat yang baru. konflik hardware tersebut bisa juga disebabkan karena penggunaan interup yang tumpang tindih hingga menyebabkan salah satu perangkatnya menjadi tidak normal dan akhirnya komputer yang sedang aktif tiba-tiba macet.

4. Kondisi Memory (RAM) yang buruk


RAM yang jelek atau kotor dapat mengakibatkan komputer berhenti bekerja secara tiba-tiba bahkan sampai blue screen atau tiba-tiba restart. Menambah ram menjadi dua keping juga akan menjadi masalah jika type atau jenis ram yang kita pasang tidak sama persis.

5. Setting BIOS


BIOS adalah bagian paling awal dalam hal melakukan konfigurasi sistem komputer. Penting sekali melakukan setting/setup/konfigurasi BIOS, sebab dengan konfigurasi yang benar, komputer akan dapat mengenali setiap device (hardware) yang terhubung ke mainboard. Juga dengan melakukan setting konfigurasi BIOS secara benar, akan meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih baik.

Jika setting BIOS tidak benar, kemungkinan komputer tidak akan mengenali device (hardware) yang tepasang, atau malah tidak bisa start sama sekali.  Berhati-hatilah dalam melakukan settingan pada BIOS, jika ada kekeliuan dalam setting bios maka akan menyebabkan crash pada komputer.

6. FatalOE exceptions & VXD errors


Masalah ini umumnya terjadi pada VGA dan RAM. Pastikan pemasangan VGA dan RAM dilakukan dengan baik. Dalam pemrograman komputer, exception adalah sebuah masalah yang terjadi karena konflik atau abnormalitas dalam hal kode. Exception umumnya akan menyebabkan program berhenti merespon atau membatalkan sistem operasi. Fatal exception error juga dikenal sebagai OE Error, adalah pengecualian kesalahan fatal perangkat lunak yang disebabkan ketika sebuah program perangkat lunak mencoba untuk mengakses sebuah instruksi ilegal, data yang tidak valid, atau kode lain dan/atau tidak memiliki level privilege (level hak akses istimewa) sebuah program operasi tidak valid lagi.

7. Virus


Jika komputer terserang virus, dan virus tersebut menghapus beberapa file system penting dalam komputer kita maka akan mengalami gangguan sampai pada akhirnya mengalami hang.


8. Konflik pada Software


Software atau aplikasi juga dapat menyebabkan komputer hang jika aplikasi tersebut tidak kompetible dengan perangkat kita atau tidak support dengan system yang sudah ada sebelumnya. Jadi sebaiknya berhati-hatilah sebelum menginstal sebuat software atau aplikasi kedalam komputer Anda.


Penyebab Komputer atau Laptop Menjadi Lambat


1. Terlalu Banyak Program Terinstal


Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang  tidak terlalu penting. Hal ini mengakibatkan komputer/laptop akan menjalankan banyak sekali program pada saat booting pertama. Jelas hal ini sangat membebani komputer yang mengakibatkan komputer/laptop menjadi sangat lambat

2. Spesifikasi komputer lebih rendah dari spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi


Jika komputer/laptop sudah bisa bekerja dengan baik tetapi pada saat menjalankan beberapa aplikasi seperti aplikasi game, dan komputer/laptop terasa sangat berat dan lambat. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan aplikasi yang dijalankan membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Usahakan untuk melihat 'minimum system requirement' aplikasi sebelum menginstall, hal ini sangat dibutuhkan untuk membandingkan dengan kemampuan komputer/laptop.

3. Virus/Mallware


Biasakan untuk selalu mengupdate antivirus atau anti mallware untuk menghindari serangan yang dapat memperlambat kinerja komputer/laptop. Virus komputer mempunyai cara kerja yaitu menginfeksi aplikasi atau dokumen yang ada dalam komputer anda. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.

Akibat jika laptop dan komputer bervirus, ang pertama adalah banyak program aplikasi yang eror. Contohnya aplikasi lambat dibuka, tidak bisa dibuka, bisa dibuka tapi tidak berfungsi dengan baik, terkadang ketika kita membuka program yang ini, malah yang terbuka program yang lainnya. Kedua sistem komputer menjadi lambat. Ketiga berdampak semakin parah, di mana komputer/laptop bisa dihidupkan tetapi tidak bisa masuk di sistem operasi. Jika sudah begini, tidak ada yang bisa diperbuat. Efek samping lainnya yang disebabkan oleh virus adalah file atau dokumen menjadi rusak, tersembunyi dan berubah menjadi virus dan akan hilang saat anda menyecan dengan anti virus.

Penjelasan di atas adalah beberapa Penyebab Komputer/Laptop yang Sering Hang dan Lambat. dengan mengetahui dari awal faktor-faktor penyebabnya akan mempermudah untuk mengambil tindakan berikutnya. Tidak semua kendala pada komputer/laptop yang hang atau lambat harus berakhir di tangan teknisi. semoga penjelasan ini dapat membanti, dan terimakasih atas kunjungannya.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Penyebab Komputer/Laptop yang Sering Hang dan Lambat Rating: 5 Reviewed By: My Grapes