728x90 AdSpace

Latest News
Rabu, 07 September 2016

5 Jenis Penyakit Kanker Berbahaya Pada Wanita

Diagnosis penyakit kanker dapat berkaitan dengan riwayat kesehatan keluarga Anda, gaya hidup yang Anda jalani, serta lingkungan Anda. Anda tidak dapat mengendalikan riwayat kesehatan yang telah terjadi pada keluarga Anda, serta hanya beberapa aspek dari lingkungan Anda yang dapat membawa kebaikan dalam hidup Anda. Akan tetapi, pilihan gaya hidup contohnya seperti diet, berat badan, tingkat aktifitas, dan merokok dapat Anda atur atau kendalikan sendiri.

Pada tahun 2008 telah tercatat sebanyak 700.000 wanita terdiagnosa penyakit kanker. Jenis kanker yang menyerang mereka antara lain:


Kanker Payudara

Beberapa faktor yang mempengaruhi resiko penyakit kanker payudara adalah:

1. Umur : Dua dari tiga wanita dengan invasif kanker payudara adalah mereka yang berumur 55 tahun atau bahkan para remaja.

2. Riwayat keluarga (keturunan) : Bagi wanita yang memiliki keturunan anggota keluarganya pernah terserang penyakit kanker payudara, akan lebih rentan terkena resiko penyakit payudara juga.

3. Ras : Wanita berkulit putih akan lebih rentan terkena resiko penyakit kanker payudara daripada mereka yang memiliki ras orang Afrika dan Amerika.

4. Radiasi pengobatan pada bagian dada yang pernah terjadi sebelumnya.

5. Wanita yang tidak dapat hamil, atau mengalami kehamilan pertama setelah berumur 30 tahun.

6. Konsumsi obat yang pernah digunakan untuk mencegah keguguran.

7. Adanya kanker payudara juga memberikan kemungkinan wanita tidak dapat menyusui.

Kanker Paru-paru dan Bronkus

Jika dilihat dari persentase kematian tidak sedikit orang terdiagnosa bahwa akibat kematiannya karena penyakit kanker paru-paru. Sekitar sebanyak 80% pengidap kanker paru-paru dialami oleh wanita, sedangkan sebanyak 90% terjadi pada pria. Sebagian besar penyebab dari penyakit ini yaitu karena faktor merokok. Orang yang perokok beresiko lebih besar akan terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan mereka yang bukan perokok. Riwayat kesehatan keluarga (keturunan) juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya resiko terserang penyakit kanker paru-paru ini. Beberapa faktor lain yang dapat beresiko terserang kanker paru-paru antara lain:

1. Perokok Pasif

2. Radon Gas

3. Arsenikum

4. Ter

5. Jelaga

Melihat bahaya dari penyakit kanker ini, maka sebaiknya kurangi konsumsi alkohol, rokok, atau menghirup asap rokok.

Kanker Colon dan Rektum

Lebih dari 90% mereka yang mengidap kanker ini berumur 50 dan lebih tua dari itu. Faktor-faktor yang menyebabkan resiko terkena kenker colon dan rektum ini antara lain:

1. Seseorang atau keturunan yang telah terdiagnosa terserang kanker kolorektal, polip, atau radang usus.

2. Perokok

3. Kemalasan

4. Pemabuk atau kebiasaan minum minuman keras

Kanker Uterine

Perubahan hormon, terutama pada hormon estrogen, merupakan faktor yang berperan penting dalam resiko timbulnya kenker uterine, juga dikenal sebagai kanker endometrium. Berikut ini hal-hal yang termasuk resiko penyakit kanker uterine adaah sebagai berikut:

1. Umur

2. Diabetes

3. Riwayat Keluarga kanker usus besar

4. Riwayat terkena penyakit payudara atau kanker ovarium

5. Beberapa kasus hiperplasia endometrium, penebalan lapisan rahim

6. Obesitas dan diet tinggi lemak

7. Terapi Estrogen

Mengkonsumsi pil selama periode tertentu, dapat mengurangi resiko terkena kanker uterin ini.

Kanker Limfoma Non-Hodgkins

Penyakit ini dapat terlihat pada bagian tubuh tertentu seperti kelenjar getah bening, limpa, amandel dan tumbuh adenoide, kelenjar timus atau sumsum tulang, serangan sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Beberapa faktor yang berresiko penyakit ini antara lain:

1. Sistem kekebalan tubuh melemah, terutama jika terkait dengan jangka panjang infeksi atau organ transplantasi

2. Umur: Kebanyakan kasus terjadi pada orang 60 atau lebih

3. Paparan bahan kimia tertentu, terutama insektisida dan herbisida

4. Obesitas

5. Penyakit autoimun

Demikian informasi kesehatan yang dapat saya bagikan untuk Anda. Perhatikan gaya hidup yang Anda pilih dengan kesehatan Anda ya cantik, diet dan olahraga juga dapat berpengaruh bagi kesehatan terutama untuk mengurangi resiko terkena beberapa penyakit kanker berbahaya pada wanita. Terapkan pepatah demikian dalam hidup Anda “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 Jenis Penyakit Kanker Berbahaya Pada Wanita Rating: 5 Reviewed By: My Grapes