728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 24 Februari 2017

Cara Membuat Busur Panah Bambu Yang Bagus

Setiap hari Uqbah bin Amir Al Juhani keluar dan berlatih memanah, kemudian ia meminta Abdullah bin Zaid agar mengikutinya namun sepertinya ia nyaris bosan. Maka Uqbah berkata, “Maukah kamu aku kabarkan sebuah hadits yang aku dengar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Ia menjawab, “Mau.” Uqbah berkata, “Saya telah mendengar beliau bersabda:

“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (AHMAD – 16699)

Bagi kamu yang pingin tahu cara membuat busur panahan dari bambu yang bagus, agaknya video pendek dari abang Jaksa Radman ini bisa menjadi acuan yang pas. Busur bambu ini dibuat dengan alat-alat yang sederhana, bahkan biasa kita temui sehari hari di rumah kita. Beberapa alat seperti alat ukur, mal bengkok dan lainnya juga bisa dengan mudah kita tiru dan buat sendiri. Video tutorialnya juga cukup detail sehingga sangat memudahkan kita yang ingin membuat busur panahan dari bambu.

Yang cukup menarik dari video cara membuat busur ini adalah, hasil akhir dari busur bambu ini cukup cantik dan indah. Selain itu, juga memiliki kekuatan yang baik serta daya lontar yang mantap. 

Ada beberapa teknik treatment bambu yang agaknya harus anda pelajari dengan seksama, seperti bamboo bending / teknik membengkokkan bambu dengan cara memanasinya, atau teknik pengukuran kurvatur bambu agar menghasilkan busur dengan lengkungan yang sempurna.

Perlu diketahui bahwa busur bambu memiliki sejarah tersendiri di hampir semua kebudayaan besar dunia. Karena beberapa busur komposit seringkali menggunakan bambu sebagai core / jantung dari busur itu sendiri. Apalagi di negara kita Indonesia, bambu adalah bahan yang sangat mudah kita temukan. Tapi... kita juga harus jeli memilih bambu untuk pembuatan busur ini. Pilihlah bambu yang benar-benar tua dan kering total. Sehingga busur yang kita buat juga memiliki kualitas yang tinggi.

Mari kita simak pembuatan busur panah bambu ini:

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Membuat Busur Panah Bambu Yang Bagus Rating: 5 Reviewed By: My Grapes