728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 24 Februari 2017

Buah Anggur Untuk Mencegah Kanker Berbahaya

Varietas Anggur Witch Finger
Varietas Anggur Witch Finger Sumber : http://www.grapestutorial.com/
Tanaman buah anggur sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia. Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. 

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.


Kandungan Buah Anggur


Buah anggur memiliki banyak sekali kandungan polifenol dan resveratrol yang bermanfaat sebagai penghambat perkembangan sel kanker. Selain sebagai penghambat perkembangan sel kanker, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Adapun secara lengkap kandungan di dalam buah anggur adalah sebagai berikut:

Flavonoid

Falvonoid merupakan senyawa hasil dihasilkan oleh anggur dari hasil metabolisme. Flavonoid dapat bermanfaat untuk menghacurkan sel kanker, sehingga dapat mencegah penyakit kanker bagi Anda yang rutin mengkonsumsi anggur. Flavonoid banyak terdapat pada anggur ungu. Kandungan flavonoid paling banyak terdapat pada biji anggur

Antosianin

Antosianin, masih satu senyawa dengan flavonoid. Termasuk dalam senyawa antioksidan, selain itu antosianin ini bermanfaat bagi tubuh untuk meredakan ketegangan otot pada tubuh, khususnya pada pembuluh darah arteri. Sehingga tubuh dapat terhindar dari serangan stroke dan serangan jantung. Kandungan antosianin paling banyak terdapat pada anggur hijau.

Resveratrol

Resveratrol merupakan senyawa seperti flavonoid dan antosianin. Senyawa ini banyak terdapat di dalam buah anggur. Manfaat senyawa ini adalah sebagai anti kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan kinerja organ tubuh agar dapat berfungsi secara optimal. Selain itu, ada penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa flavonoid, antosianin dan resveratrol dapat membunuh lemak jahat yang ada di dalam darah sehingga dapat menurunkan resiko tubuh terkena serangan jantung. Manfaat lain dari senyawa ini adalah dapat meningkatkan kesehatan otak.

Senyawa antioksidan

Senyawa antioksidan di dalam buah anggur adalah vitamin yang terkandung di dalamnya. Seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, dan vitamin K. Vitamin tersebut memiliki banyak sekali manfaat terhadap tubuh manusia. Adapun manfaat yang diberikan adalah:
  • Melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu regenerasi sel tubuh yang telah rusak
  • Melindungi sistem saraf yang ada pada tubuh

Mineral

Cukup banyak kandungan mineral yang ada di dalam anggur. Kandungan mineral tersebut adalah kalium, kalsium, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, natrium, seng, dan senyawa turunan seperti trans reservatrol.

Buah Anggur Dan Kanker


Buah anggur memiliki hubungan erat dengan penyakit kanker. Buah anggur memiliki kandungan anti kanker yang cukup besar, sehingga mampu mencegah penyakit kanker bagi Anda yang sering mengkonsumsinya. Sedangkan penyakit kanker merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit yang memiliki tahapan perkembangan tertentu, sehingga diperlukan penanganan sedini mungkin agar dapat meningkatkan kemungkinan hidup penderitanya. Penyakit kanker selalu diawali dengan gejala kanker yang terkadang tidak disadari oleh penderitanya, sehingga mengakibatkan keterlambatan penanganan.

Ada beberapa penyakit kanker yang dapat dicegah bahkan disembuhkan dengan banyak mengkonsumsi buah anggur, selain melalui pengobatan kemoterapi kanker dan obat berbahan kimia yang telah diresepkan oleh dokter. Berikut merupakan beberapa jenis kanker yang dapat ditangani :

Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah salah satu jenis kanker yang menyerang bagian usus besar manusia. Tentu saja penyebab kanker usus besar memiliki kaitan erat dengan sistem pencernaan. Terlalu banyak mengkonsumsi daging, minuman alkohol, dan makan yang dapat menyebabkan kanker. Cara pencegahan kanker usus besar adaah perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu, untuk pengobatan memperbanyak konsumsi anggur atau buah dan sayur yang kaya akan senyawa antioksidan, polifenol, dan resveratrol.

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang dapat menyerang pria dan wanita. Meskipun resiko paling besar terserang penyakit ini adalah wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria juga perlu mewaspadai penyakit ini. Maka dari itulah, tindakan awal yang dapat dilakukan adalah mewaspadai gejala yang mungkin dapat mempengaruhi perubahan kondisi pada tubuh. Hal yang dapat dilakukan adalah memahami cara mencegah kanker payudara sejak dini dan mengkonsumsi buah anggur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kandungan antikanker pada anggur dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Baca Juga : 

Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit kanker yang disebabkan oleh sel kanker menyerang sel-sel kulit. Dapat menyerang siapa saja, terutama pada orang-orang yang memiliki pigmen kulit putih seperti warna kulit ras Eropa. Rata-rata penyakit kanker kulit disebabkan oleh radiasi sinar UV yang menyebabkan perubahan struktur sel di dalam kulit. Kandungan di dalam buah anggur membantu kulit untuk melakukan regenerasi sel dan juga memberikan nutrisi tambahan pada kulit.

Kanker otak

Kanker otak dapat dialami oleh semua orang, terutama bagi orang yang telah memiliki riwayat terkena Alzheimer. Dengan mengkonsumsi buah anggur, dapat membantu menambah nutrisi pada sel otak, sehingga kesehatan otak dapat terjaga.

Manfaat Buah Anggur Lainnya


Buah anggur sudah dapat dipastikan memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan zat yang ada di dalamnya mendukung manfaat dari buah anggur terhadap tubuh manusia. Berikut ini merupakan manfaat buah anggur:

  • Melindungi tubuh dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan virus
  • Memberikan nutrisi tambahan untuk otak, membantu regenerasi sel, sehingga otak terhindar dari penyakit alzheimer
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga melindungi tubuh dari penyumbatan pembuluh darah
  • Melindungi tubuh dari berbagai macam masalah pencernaan
  • Menjaga kadar cairan yang seimbang di dalam paru-paru, sehingga mengurangi serangan asma
  • Memperlancar peredaran darah, sehingga dapat mengurangi serangan migrain atau sakit kepala yang lain.
  • Melindungi tubuh dari gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal.
  • Memberikan nutrisi pada kulit
  • Memberikan efek relaks pada saraf yang ada pada tubuh, sehingga mampu membuat Anda lebih santai dan menurunkan stress
  • Mari segera merubah pola hidup sehat agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Bersikap selektif terhadap makanan yang akan dikonsumsi menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan.
Sumber : FaktaKanker.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Buah Anggur Untuk Mencegah Kanker Berbahaya Rating: 5 Reviewed By: My Grapes