728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 13 Februari 2017

Tanda-Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan dan Dilihat

Tanda-tanda kehamilan yang dapat dirasakan dan dilihat- Kehamilan merupakan saat-saat yang dinantikan oleh sebahagian besar para pasangan. Walaupun saat ini banyak pasangan yang menunda masa kehamilan untuk menikmati masa-masa berbulan madu, namun demikian pada waktunya kehamilan akan menjadi harapan besar bagi pasangan tersebut.


Pada prinsipnya, kehamilan merupakan proses alami yang pada akhirnya tetap akan diketahui oleh seorang wanita, namun sangatlah penting mengetahui tanda-tanda awal kehamilan agar kesehatan janin dan ibu dapat di jaga sejak dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. untuk saat ini, teknologi sudah sangat mendukung untuk mengetahui dengan jelas apakah seseorang itu hamil ataupun tidak, dari teknologi yang sangat sederhana sampai dengan teknologi canggih seperti Ultrasonografi (USG). USG adalah pemeriksaan dalam bidang penunjang diagnostic yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggi dalam menghasilkan imajing, tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic) dan tidak menimbulkan efek samping (non invasif). 

Pada pembahasan kali ini, kita akan menjelaskan Tanda-Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan dan Dilihat untuk membantu ibu-ibu muda khususnya pada kehamilan pertama. berikut tanda-tanda ibu hamil :

1. Terlambat datang bulan

Terlambat datang bulan merupak gejala awal tanda-tanda kehamilan, walau demikian tidak berarti telat datang bulan dapat diartikan bahwa seorang wanita itu hamil. Banyak dari wanita memang memiliki masalah dengan haid yang tidak teratur, hal ini merupakan kelainan atau memang adanya gangguan pada siklus haid. Untuk masalah siklus haid yang tidak teratur selain tanda kehamilan baiknya baca lebih lanjut artikel berikut ini :

Tanda kehamilan yang dicirikan dengan terlambat datang bulan merupakan identifikasi awal bahkan pada minggu-minggu pertama kehamilan. saat masa ini terjadi biasanya pasangan akan langsung menguji dengan  tespek atau test pack. Tespek ini menjadi solusi instan yang bisa diandalkan, terlebih alat ini mudah digunakan dan banyak tersedia di apotek bahkan di toko-toko retail yang banyak bertebaran di wilayah Indonesia 

2. Munculnya flek

Flek biasanya terjadi mulai dari 7 s.d 10 hari sejak ovulasi yaitu proses pelepasan telur yang telah matang tersebut dari dalam rahim untuk kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Gejala flek pada masa awal kehamilan sering sekali di salah artikan sebagai menstruasi. 

Flek pada masa awal kehamilan disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Masa flek ini  dapat berlangsung mulai pada kehamilan minggu pertama hingga trimester pertama.

3. Perubahan Mood

Wanita hamil biasanya memiliki mood yang sangat gampang berubah, hal ini hampir mirip dengan masa-masa haid pada wanita, walaupun pada umumnya jarang sekali yang menyadari perubahan mood tersebut. pada saat perubahan mood ini, sebaiknya pasangan dapat memahami, karena biasanya wanita tidak mau mengakui perubahan-perubahan mood kepada pasangannya.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena perubahan mood ini dipengaruhi oleh peubahan-perubahan hormon secara drastis pada tubuh si ibu. 

4. Mudah Lelah

Pada masa-masa awal kehamilan tubuh ibu akan menjadi mudah lelah dan ingin bermalas-malasan. hal ini adalah proses adaptasi tubuh dengan kehadiran janin di dalam tubuh. pada masa-masa ini, seharusnya ibu sudah menyadari bahwa dirinya sudah hamil. Kesadaran akan kehamilan ini sangat penting, untuk mencegai si ibu mengkonsumsi obat-obatan atau dopping yang dapat mengganggu perkembangan janin. 

Kondisi mudah lelah ini di duga karena meningkatnya hormon proges-teron, menurunnya gula darah dan pengaruh tekanan darah si ibu.

5. Gejala PMS

Gejala PMS ini sama persis dengan yang dirasakan pada setiap bulannya, dimana rasa nyeri pada payudara, sakit pinggang, rasa kembung pada perut dan mulas. pada masa berikutnya payudara akan mulai terasa berisi dan mengalami perubahan bentuk. pada awal proses perubahan bentuk pada payudara, akan terasa seperti kesemutan dan nyeri. tahpan ini merupakan masa persiapan produksi ASI pada payudara. pada masa ini biasanya kehamilan sudah mulai dapat terlihat dari perubahan bentuk fisik si ibu.


Beberapa hal diatas merupakan Tanda-Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan dan Dilihat pada awal-awal kehamilan. Pada umumnya ibu akan merasakan lebih parah dari yang sudah dibahas diatas atau mungkin lebih ringan. perbedaan ini juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan dan asupan gizi serta mental si ibu. 

Demikian sedikin penjelasan tentang Tanda-Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan dan Dilihat pada awal-awal kehamilan semoga dapat menjadi bahan buat para ibumuda maupun pasangan muda untuk selalu menyadari kehamilan sejak dini. kesadaran akan kehamilan sejak dini dapat membantu ibu dalam menjaga agar asupan gizi tetap terjaga dan mencegah makanan-makanan yang dapat mengganggu janin dan kesehatan rahim.

Terimakasih. 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tanda-Tanda Kehamilan Yang Dapat Dirasakan dan Dilihat Rating: 5 Reviewed By: My Grapes