728x90 AdSpace

Latest News
Minggu, 26 Februari 2017

Situs Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online

Situs membuat aplikasi android gratis secara online – Membuat aplikasi android pada saat ini tidaklah perlu repot repot belajar pemograman, karena sekarang ini telah banyak situs penyedia pembuatan aplikasi android secara instan, tidak perlu menggunakan sofware, kita langsung membuat aplikasi android yang kita inginkan dengan menggunakan situs pembuatan aplikasi android yang banyak tersedia di internet.

Kita bisa membuat aplikasi android untuk blog, toko online, ataupun membuat aplikasi game sederhana, namun tetap berkwalitas, secara gratis dari situs penyedia pembuatan aplikasi android, namun tentunya ada kekurangan menggunakan pembuatan aplikasi android secara online ini, dibandingkan membuat aplikasi dengan menggunakan bantuan sofware, dan pemograman.

Namun jika kita ingin membuat aplikasi profesional dengan menggunakan situs pembuatan aplikasi android, kita bisa mengupgrade  menjadi akun premium untuk mendapatkan fitur-fitur yang tidak tersedia di akun basic. Situs membuat aplikasi android gratis secara online ini saya pilih berdasarkan tingkat kesulitan rendah (menurut saya ) dan instan. Berikut Situs membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online.


1. iBuildApp

Tools yang paling popular dan banyak digunakan adalah iBuildApp. Dengan iBuildApp, kita bisa membuat aplikasi sendiri dengan dengan cepat, mudah, dan gratis. Selain itu, kita juga bisa memperluas dan menyebarkan aplikasi yang telah kita buat ke publik dan melakukan perbaikan dan pembaruan konten yang ada di dalamnya secara realtime.

Untuk membuat aplikasi, kita hanya akan membutuhkan HTML dan Java Script yang tersedia didalam program ini tanpa harus repot melakukan ‘coding’. Kita juga dapat membuat aplikasi dengan mengoptimalkan fungsi dan fitur yang ada dalam smartphone atau tablet berbasis Android seperti sensor, accelerometer, kompas, kamera, giroskop, bahkan phone book. Berikut cara Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online dengan menggunakan iBuildApp.

a. Pilih template sesuai dengan aplikasi yang akan kamu buat 


Kita tinggal mendaftarkan akun supaya bisa membuat aplikasi lewat iBuildApp secara gratis. Setelah selesai mendaftar dan login, kamu bisa memulai membuat aplikasi dengan mengklik fitur ‘Make Your Own App’. Dalam fitur ini, tersedai berbagai macam template yang bisa dipilih sesuai dengan tema aplikasi yang akan kamu buat, seperti Blogs and Magazine, Small business, Sports, Restaurant, dan Commerce. Ada template yang gratis, ada juga yang berbayar. Sebagai percobaan awal, ada baiknya kamu memilih yang versi gratisannya dulu. untuk login langsung saja ke link http://ibuildapp.com/

b. Desain sesuai dengan kebutuhan


jika kamu sudah menemukan template yang sesuai dengan tema aplikasimu, kini langkah selanjutnya adalah dengna menekan tombol Create App. Dalam fitur tersebut, kamu sudah bisa memasuki ruang desain dan menuangkan daya kreatifitasmu selayaknya developer professional. Kamu bisa menentukan background, manage navigation, set logo, manage content atau memilih splash screen. Jangan ragu-ragu untuk menggunakan fitur ini seoptimal mungkin, karena jika terjadi kesalahan, maka kamu bisa mengulanginya lagi dengan mudah.

c. Publikasikan aplikasi buatanmu


Setelah semua proses selesai, jangan lupa untuk menekan tombol Save dan menamai aplikasi yang telah kamu buat. Jika kamu sudah rampung dalam memoles aplikasi buatanmu, dan sudah yakin akan hasilnya, kini saatnya kamu mempublikasikannya untuk dipajang di website iBuildApp Store. 

2. MIT App Inventor

App Inventor sebenarnya merupakan aplikasi open source berbasis web yang diciptakan oleh Google. Tujuan awal pembuatannya adalah untuk mendorong mereka yang tidak bisa coding untuk belajar algoritma pemrograman hingga tertarik untuk mempelajari pemrograman lebih jauh. Namun kini, pengelolaan aplikasi ini telah dialihkan ke MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat aplikasi Android, mungkin Anda akan tertarik dengan aplikasi yang satu ini. Dan sebagai salah satu bahan referensi, berikut kami rangkum cara membuat aplikasi Android dengan MIT App Inventor.

a. Membuka Aplikasi MIT App Inventor


Situs Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online- MIT App Inventor sebenarnya dapat dijalankan secara online maupun offline. Namun terdapat perbedaan antara keduanya, khususnya dalam hal instalasi dan konfigurasi. Ada serangkaian proses yang cukup panjang untuk menginstal MIT App Inventor dan menggunakannya secara offline. Untuk tahap awal, sebagai sarana pembelajaran, sebaiknya mulai dari versi onlinenya saja. Setidaknya kita tidak perlu pusing dengan proses instalasi yang rumit dan yang paling penting kita dapat langsung memulai membuat aplikasi Android.

Untuk mengakses MIT App Inventor online, Anda bisa mengunjungi http://appinventor.mit.edu/explore/. Ini adalah homepage MIT App Inventor. Di sini Anda akan dihadapkan pada berbagai informasi seputar App Inventor, termasuk program-program pendidikan yang terkait dengannya. Sebelum menjalankan MIT App Inventor, pilih menu get started untuk mempelajari lebih jauh tentang tata cara memulai menggunakan aplikasi ini. 

b. Login dengan Akun Google


Saat pertama kali mengakses MIT App Inventor, pengguna akan diminta untuk login dengan akun Google. Masukkan username dan password akun Google Anda, setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman permission request yang berisi permintaan izin untuk mengakses beberapa informasi akun Google Anda. Di sini cukup pilih Allow, setujui terms of service yang muncul setelahnya dan aplikasi MIT App Inventor akan terbuka.

c. Mulai Membuat Project Baru


Kini halaman utama aplikasi MIT App Inventor telah terbuka. Dari sini, Anda bisa mulai membuat aplikasi baru dengan mengklik tombol Start New Project atau melalui menu Projects->Start New Project. Selanjutnya beri nama project yang ingin Anda buat.

d. Konfigurasi Awal App Inventor

Sebelum mulai membuat aplikasi Android tanpa coding, pastikan dulu untuk melakukan beberapa konfigurasi dasar, khususnya pada bagian layar smartphone. Untuk permulaan, sebaiknya ubah layar smartphone agar tidak dapat discroll. Anda juga bisa mengubah beberapa konfigurasi lain pada layar utama smartphone melalui jendela properties yang ada pada sisi sebelah kanan.

e. Menambahkan Komponen yang Dibutuhkan


Kini tambahkan komponen canvas terlebih dahulu. Anda bisa mengakses komponen ini pada jendela Palette pada sub menu Drawing and Animation. Drag and drop fungsi canvas ke layar smartphone sehingga pada jendela Components muncul satu lagi komponen baru yakni Canvas. Tambahkan juga komponen lain seperti sensor accelerometer. Anda bisa menemukan sensor ini di jendela Palette->Sensors. Tambahkan komponen ini dengan cara yang sama seperti sebelumnya, yakni dengan melakukan drag and drop ke layar smartphone yang ada pada jendela Viewer.

Jangan lupa untuk mengatur lebar canvas agar lebih sesuai dengan ukuran layar smartphone. Anda bisa melakukannya dengan mengklik komponen canvas dan atur lebar canvas menjadi fill parent melalui jendela Properties.

Untuk mudahnya dan selengkapnya anda dapat langsung membuka link sumber kutipan artikel ini di https://www.zopini.com/blog/cara-membuat-aplikasi-android-tanpa-coding-dengan-mit-app-inventor/.

3. MobiCart 


Situs Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online- MobiCart Adalah aplikasi yang disesuaikan untuk mobile e-commerce yang tidak hanya membuat tetapi juga untuk mengelola sebuah toko online mobile commerce pribadi Anda. Ada dua cara di mana MobiCart dapat bekerja, yaitu dapat memilih untuk menghubungkannya dengan situs yang ada atau membuat dengan MobiCart itu sendiri.

Jika Anda tidak memiliki website Anda sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena MobiCart dapat menyelesaikan masalah tersebut sehingga Anda dapat memiliki toko aplikasi mobile Anda sendiri tanpa perlu terhubung dari sebuah situs web. Tapi jika Anda sudah memiliki website Anda sendiri maka Anda memiliki pilihan untuk menggunakan API dari MobiCart dan memperbarui produk Anda langsung dari situs web Anda sendiri. Anda bahkan tidak perlu menggunakan admin MobiCart untuk memperbarui aplikasi toko online berbasis ponsel Anda.

Fitur MobiCart :

  • MobiCart memiliki kelebihan berupa pilihan kustomisasi penuh. MobiCart juga membantu dalam menambahkan produk dan memperbarui halaman untuk aplikasi Anda sendiri. MobiCart seperti toko pribadi Anda sendiri dengan nama merek pribadi Anda sendiri.
  • Menjadi sepenuhnya berbasis web, MobiCart memberi Anda keuntungan memperbarui toko Anda kapan saja dan dari mana saja. Setiap kali Anda berusaha untuk memperbarui produk Anda dari situs anda maka secara bersamaan akan memperbarui toko ponsel pribadi Anda.
  • MobiCart juga menyediakan dengan fitur Mobile e-commerce di mana Hal ini akan membantu Anda dalam bisnis Anda.
  • MobiCart menyediakan fitur gratis. MobiCart memberikan kesempatan pada setiap orang untuk membuat serta menyebarkan toko e-commerce mobile mereka sendiri.
  • MobiCart dapat menangani sejumlah pembelian yang dilakukan oleh sejumlah pelanggan dalam satu hari. Apakah itu aplikasi toko online untuk iPhone, Android, iPad atau bahkan telepon Blackberry. MobiCart tahu bagaimana menangani itu semua.
  • Dengan Open API maka membuat dan mengalokasikan ekstensi untuk MobiCart sebagai add-on menjadi sangat mudah.

untuk memulai dapat mengunjungi situs http://www.mobi-cart.com/ berikut video cara Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online dengan MobiCart.







  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Situs Membuat Aplikasi Android Gratis Secara Online Rating: 5 Reviewed By: My Grapes