728x90 AdSpace

Latest News
Kamis, 02 Maret 2017

Cara Perbaiki Harddisk Rusak Bed Sector

Iwan Bopeng- Hardisk itu kan salah satu bagian komputer yang paling penting.. ya kan..? kalau gak ada harddisk jadi apa tu komputer ato laptop. Makanya, kalo dah punya komputer ato laptop ya bagus-bagus la jaga hardisknya. kalopun dah ajalnya harus rusak ya terpaksa ganti baru. 

Tapi kali ini iwan bopeng mau kasi cara untuk ngakal-ngakalin hardisk yang rusak, namanya juga ngakalin ya kan..?? jadi yang jangan terlalu berharap kali ya.. kalo bisa ya sukur kalau nggak ya sudah, siapin aja budgetnya buat ganti baru.. hahahaha.. 

sebelum ngakalin, iwan bopeng mau kasi tips ne, tips untuk njaga hardisk biar awet, seperti biasanya, otak iwan bopeng cuma bisanya kopas aja, jadi kita kopas-kopas aja punya orang lain trus kita rangkum aja biar gak terlalu ngalor ngidul ceritanya.

ne dia tip untuk njaga hardisk biar awet yang iwan bopeng colek dari situs tasikkota.com

  1. Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat hardisk anda, karena akan memperpendek umur hardisk anda.
  2. Jangan mematikan komputer anda tanpa mengunakan prosedur shut down, karena mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tomboll power off akan cepat merusak hardisk.
  3. Jangan menggunakan laptop anda di atas kasur ataupun yang menyerap panas karena suhu yang panas juga akan membuat hardisk cepat rusak dan juga hang. jadi gunakan lah laptop diatas meja ataupun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop anda.
  4. Gunakanlah aplikasi antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga komputer dan hardisk anda aman dari serangan virus berbahaya yang menyebabkan kinerja komputer anda buruk dan merusak sistem dan hardisk. karena virus juga merupakan salah satu penyebab hardisk anda rusak.
  5. Gunakanlah aplikasi defragment untuk mendefrag hardisk anda dan mmenghindari fragmentasi yangg bisa membuat kinerja hardisk atau komputer anda menurun. akan tetapi anda harus teratur dalam menggunakannya karena kalau terlalu sering melakukan defragment juga tidak baik, jadi biasanya gunakanlah aplikasi ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer anda, aplikasi ini terdapat pada bawaan instalasi diwindows anda. gunakanlah minimal 1 atau 2bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop anda.
  6. Untuk komputer Pc alangkah baiknya anda mengguakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebakan hardisk pcanda cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau karena sering mati mendadak.
  7. Jaga hardisk agar terhindar dari guncangan atau benturan misalnya laptop anda jatuh atau terbentur benda keras maka hardisk akan cepat rusak.
Rupanya cukup banyak ya perintah dan larangannya kalo mau hardisk tetap awet.. ya kan..?? tp ya memang kayak gitu lah. Buatan tuhan aja kalo gak dirawat bisa melar juga, apalagi cuma buatan manusia, mending kalo ori, kalo hardisk bajakan cmana pulak tu,... ya intinya gitu la.. "DIRAWAT" tp jangan dimandiin ya... hahaha

Lanjut.. Sekarang kita bahas cara ngakalin hardisk kalo dah rusak, tp khusus bad sector ya.. tp apa pulak tu bed sector ya.. terpaksa ne iwan bopeng cari tau dulu difinisinya. kalo bad sektor aja gak tau cemana pulak ngakalinnya. kalo secara bahasa artinya sektor yang buruk, ngejek ya, mentang-mentang si iwan mukanya bopeng.. hahahaha

Kata comlap1.blogspot.co.id, Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Bad sector tersebut memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. 

Rupanya kayak virus juga bad sector ini, bisa menyebar, makanya sebelum menyebar ya kita akalin aja la.. ya kan..???


Masih kata kawan itu, beberapa penyebab Bad Sector :
  1. Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  2. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  3. Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk
  4. Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.
Kira-kira dah brapa karakter ne tulisannya, katanya kalu mau dapat iklan adsense tulisan minimal harus 500 karakter, tp kalo kata yang lain-lain ada yang nyaranin sampe 1500 karakter.. nanti la kita hitung ya brapa karakter ne semua, cara itung2 nya nanti kita bikin tulisan lain aja ya, karena ni dah keluar dari tema kita kali ni.. ya kan..???

Kita vokus ke judulnya aja ya.. "Cara Perbaiki Harddisk Rusak Bed Sector" kita search dulu ya..

Memeriksa dan Memperbaiki Bad Sector


Ini masih dari blog kawan tu ya.. siapa namanya itu..?? pokoknya websitenya http://comlap1.blogspot.co.id. Untuk memeriksa bad sector pada harddisk, dapat dilakukan dengan cara :
  1. Double klik My Computer, kemudian klik kanan partisi harddisk, contohnya C, D atau E yang akan diperiksa.
  2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.
  3. Selanjutnya klik Check now.
  4. Bila bad sector pada harddisk masih bad sector yang ringan dapat diperbaiki dengan cara :
  5. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan pilih fasilitas repair
  6. Menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format
Rupanya lengkap juga penjelasan kawantu kalo mau perbaiki hardisk yang bad sector, kalo udah bosan baca disini bisa juga langsung baca kesana.. tp klo masih betah yok kita lanjut...

Perbaiki bad sector pake hdd regenerator, tools ini katanya bisa perbaiki hard disk drive yang rusak tanpa kehilangan data yang ada. mendukung berbagai jenis hard drive dan dapat digunakan dengan sistem file termasuk FAT, NTFS, EXT3, HFS dll disk belum diformat dan unpartioned juga didukung. 

Ni ada yang kasi geratisan hdd regenerator dari ayungavis.blogspot.co.id, tah betul tah enggak gak tau juga, Iwan Bopeng belum coba, klo udah ada yang coba jangan lupa share ya, kalo ternyata gak bisa kabarin juga biar kita cari2 link yang lain. ni link dari si ayung 


Cara pakeknya kata kencanaku.com, Install dahulu HDD Regenerator versi windows (saya menggunakan versi 1.7.1). Ya iyalah.. kalo gak di instal cemana mau di running.. ya kan..??? hadeeeh....^%$

Setelah itu jalankan pada windows. Gambar tampilan biasanya seperti ini :
Nah itu dia gambarnya, itu dapet gambarnya dari kawan tu tadi..

Idealnya hard disk yang bad sector tersebut diletakkan sebagai hardisk ke 2 (secondary) hal ini dilakukan agar proses perbaikan bad sector diharapkan dapat bekerja secara optimal.
Selanjutnya klik :
1. Regeneration –>  Start Process Under Windows
2. Choose Drive to Process (pilih drive yang akan diproses)
3. Start Process
Setelah langkah no 3 (Start Process) muncul menu selanjutnya sebagai berikut:


Pada gambar tersebut hard disk yang akan di repair bad sector adalah berukuran 500 gb merek Seagate ST3500. Selanjutnya pilih :

1. Scan and Repair
2. Isikan nominal megabyte (mb) : isikan 10 dan tekan M
3. Biarkan proses berjalan proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.



Sebaiknya proses repair hard disk bad sector dilakukan pada waktu yang tepat tanpa banyak kendala diperkirakan datang. Mungkin lebih enjoy jika dilakukan tengah malam setelah terbangun akhirnya proses sudah selesai.

Proses yang saya kerjakan ini ternyata membutuhkan waktu sekitar 9 jam lebih, Dan hasilnya memuaskan dan pekerjaan melakukan repair hard disk bad sector ini tidak sia-sia. Itulah cara ampuh memperbaiki hard disk bad sector. Semoga bermanfaat. Silahkan beri komentar seputar masalah bad sector ini.

Nah gitulah caranya kira2, tapi sebenarnya sebelum pake aplikasi ini kita harus pastikan dulu betul apa ngak tu hardisk kena badsector, karena kalo ternyata nggak badsector kan sia-sia aja nunggu berjam-jam.

Baca aja  Cara Periksa Kerusakan Hardisk

Trus cara kayak gini cuma bisa kalo bad sectornya masih rusak ringan, tp kalo dah rusak parah ya sama aja, capek nunggu berhari2 tapi tetap juga gak bisa ngamanin file2 kita. untuk jaga-jaga, mending semua file di backup ajalah dulu.. ya kan..??

Kalo kata si kencanaku.com yang udah iwan bopeng kopas artikelnya, katanya untuk cek kerusakan harddisk bisa pake Crystal DiskInfo atau Hard Disk Sentinel, trus kalo dah positif bad sector baru jalanin hdd regenerator. eh btw ni gambar-gambar hdd regenerator nya iwan bopeng ambil punya kawantu ya.. trus kalo ada kendala tanya langsung aja, atau kalo kita diskusikan disini juga boleh.. sesama amatir harus selalu berbagi... ya ka..??

makasih ya dah mampir, moga aja berguna...


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Cara Perbaiki Harddisk Rusak Bed Sector Rating: 5 Reviewed By: Elfa