728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 10 Maret 2017

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari Telah Kembali ke Rumah



Presiden Nigeria Muhammadu Buhari Telah Kembali ke rumah setelah menjalani Proses pengobatan di Inggris atas penyakit yang dideritanya. Akhir Januari lalu situs berita Vanguard Nigeria melaporkan bahwa hal ini bukanlah berita baru. Presiden sendiri pernah mengakui bahwa ia memiliki beberapa masalah kesehatan.

Sebelum presiden meninggalkan negara dengan kedok liburan, Orang-orang Nigeria berpikir bahwa Presiden dalam kondisi sekarat. Walau hal ini tidak sampai kepada kabar kematiannya yang menyebar cepat di seluruh media sosial,” bunyi laporan tersebut. 

Situs berita itu menyebut bahwa faktanya adalah presiden menderita kondisi penyakit parah yang disebut penyakit Meniere. Penyebab penyakit Meniere termasuk drainase cairan yang tidak benar, penyakit kekebalan tubuh, Alergi, Infeksi virus, predisposisi genetik, atau trauma kepala.

Menurut Kantor Berita Aljazeera, Kepulangan Presiden Nigeria ini sangat mengejutkan setelah sebelumnya proses pengobatan direncanakan hanya 10 hari. Namun kenyataanya proses terapi harus diperpanjang hingga waktu lebih lama. Hal tersebut yang memicu spekulasi bahwa penyakit Muhammadu Buhari semakin parah.

Televisi negara melaporkan pada hari Jumat  tanggal 10-03-2017. Buhari berjalan tanpa bantuan dari pesawat setelah mendarat di sebuah pangkalan angkatan udara di kota utara Kaduna. Mantan penguasa militer itu kemudian menaiki helikopter.

Muhammadu Buhari adalah Presiden Nigeria yang menggantikan presiden sebelumnya Goodluck Jonathan. Sebelumnya ia adalah pensiunan Mayor Jenderal di Angkatan Darat Nigeria yang pernah menjadi Penguasa militer Nigeria 1983-1985. Ia pernah mengikuti pemilu sebagai kandidat Presiden Nigeria pada tahun 2003, 2007 dan 2011, namun tidak berhasil, barulah pada pemilu 2015, ia memenangkan pemilu melawan presiden sebelumnya, Goodluck Jonathan. Pada kampanyenya  Muhammadu Buhari bersumpah untuk membasmi korupsi di negara tersebut.

Ia adalah anak ke-23 dari pasangan Adamu dan Zulaihat. Sejak umur 3 tahun, ia dibesarkan sendiri oleh ibunya karena ayahnya meninggal. Pada tahun 1961, ia bergabung dengan Angkatan Darat Nigeria, dan mengikuti pelatihan di the Nigerian Military Training College (sejak 1964 berubah nama menjadi the Nigerian Defence Academy) di Kaduna dari tahun 1962 - 1963. Pada saat berpangkat kolonel, ia juga sempat belajar di the US Army War College di Carlisle, Pennsylvania, Amerika Serikat, ia mendapat S2 di bidang Strategic Studies.

Pada 31 Desember 1983, saat berpangkat Mayor Jenderal, ia menjadi salah satu pemimpin militer, pengambil alih kekuasaan dari President Shehu Shagari. Selanjutnya ia ditunjuk sebagai Kepala Staff Angkatan Bersenjata Nigeria. Pada 1984-1985, ia menjadi Penguasa militer Nigeria.

Al Jazeera Ama Boateng, melaporkan dari Kaduna, mengatakan kepulangan Buhari diumumkan pada menit terakhir setelah ia keluar selama berminggu-minggu untuk menjalani cuti berobatnya. Buhari akhirnya kembali ke tanah Afrika, bahwa meskipun rakyat Nigeria memaklumi cuti sakit yang dijalani oleh presidennya, namun terdapat kekhawatiran tentang bagaimana negara dapat berjalan efisien tanpa orang nomor satu di negara tersebut. 

Sebelumnya Pemerintah telah berusaha untuk meredakan kekhawatiran masyarakat akibat dari dari kekosongan pada pucuk pimpinan kawasan ekonomi terbesar Afrika dan negara terpadat dengan menekankan bahwa Buhari, telah memberikan Wakil Presiden Yemi Osinbajo kekuasaan penuh sebagai bertindak presiden selama cuti nya.

Pernyataan pada hari Kamis dari penasihat khusus Femi Adesina mengatakan masa cuti Buhari telah diperpanjang berdasarkan pada rekomendasi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut tanpa memberikan rincian tentang kesehatan presiden. Selain itu, Presiden Buhari juga memberikan apresiasi  penuh kepada Rakyat Nigeria dari seluruh negeri, yang telah berdoa demi kesehatannya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Presiden Nigeria Muhammadu Buhari Telah Kembali ke Rumah Rating: 5 Reviewed By: My Grapes