728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 03 Maret 2017

Dasar-Dasar Komputer

Nah Sebelum banyak mendongeng tentang sesuatu dan sebagainya, hari ini Iwan Bopeng pengen ngebahas tentang Dasar-Daar Komputer,. mungkin kebanyakan taunya cuma makek aja, abis pakek buang.. hahahah emang barges apa.. ya gitulah, biar gak terjerumus kedalam tukang servis komputer, ada baiknya kita memahami dasar-dasarnya biar minimal taulah bagaimana, kenapa dan kok bisa..

Gini kisahnya..

Pertama yang namanya komputer itu terdiri dari Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, sebagai mana manusia, memiliki jasad kasar dan ruh.. nah kalo manusia gak ada jasad kasar masih bisa gentayangan, tp kalo komputer adanya cuma yang lunak ya gak bisa diapa2in.. gitu juga sebaliknya, kalo adanya cuma perangkat keras ya juga mau ngapain,..??

Okelah kita fokus dikit.. perangkat keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) untuk bahasan kali ini kita batasin sampe kedua tema diatas aja ya.. untuk selengkapnya ntar kita bahas satu persatu di lain tema..


Jenis Software Komputer


1. Sistem Operasi


Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Beberapa software sistem operasi yang banyak digunakan

DOS (Disk Operating System) 
Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.


OS/2 (Operating Sistem 2) 

adalah sistem operasi yang dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan.


WINDOWS

Sistem operasi Windows memiliki banyak jenis, antara lain Windows 3.x, Windows NT, Windows 95, Windows 97, Windows 98, Windows 2000, Windows Millenium, Window XP, Windows Vista dan Windows 7 yang telah beredar di pasaran.dan sampai sekarang Windows 10

UNIX 

Merupakan Sistem Operasi untuk jaringan komputer dan banyak digunakan pada komputer besar seperti supercomputer dan mainframe. Unix dikenalkan pada tahun 1970 oleh sebuah group yang dipimpin Ken Thompson dari Laboratorium AT & T.


LINUX 

Merupakan pengembangan dari sistem operasi unix yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvals. Software Linux bersifat open source karena kita dapat menggunakan dan memodifikasi secara bebas, berbeda dengan software Windows yang sudah dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. kendala penggunaan Linux adalah kebanyakan orang belum terbiasa karena masih banyak yang menggunakan Windows, selain itu Program-program yang dijalankan oleh Linux masih sangat terbatas.


2. Program Utility

Program Utility merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur kinerja dan perawatan perangkat keras sebuah komputer. Contohnya: Norton Utility dan System Tools. Biasanya pada System  Tools, kita dapat menggunakan Disk Defragmenter untuk merapikan/ menata file.


3. Program Paket

Program Paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan, seperti: Microsoft Word digunakan untuk surat menyurat, pembuatan  laporan, pembuatan dokumen dalam bentuk surat kabar, ataupun dalam mengetik naskah. Selain Microsoft  Word, program paket yang lain adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel digunakan untuk membantu  menghitung, memproyeksikan, serta menganalisa data.


4. Program Aplikasi

Program Aplikasi atau program terapan merupakan program - program komputer yang digunakan untuk melakukan tugas - tugas tertentu sesuai dengan permintaan, seperti untuk mengetik naskah, menggambar, mengolah foto, mengolah angka, mendengarkan musik dan menonton film.

      

5. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, baik berupa sistem operasi ataupun program paket. Contohnya Visual Basic, Pascal, dan dBase.


Jenis Hardware Komputer


1. Prosesor

Prosesor adalah otak atau pusat pengendali komputer yang fungsinya untuk memproses semua kegiatan atau perintah atau eksekusi yang dilakukan komputer. Sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 

2. Motherboard

Motherboard atau mainboard atau sering disebut juga papan induk adalah sebuah papan sirkuit tempat semua perangkat keras komputer saling terhubung. Bisa dibilang motherboard ini merupakan pusat penghubung dari semua perangkat keras komputer yang ada.

Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya

Socket Prosessor

Merupakan tempat dimana prosessor terpasang. Kalau dilihat secara fisik, area dari socket prosessor ini selalu dikelilingi oleh 4 lubang untuk penyangga Heatsink Fun, karena Prosessor sangat memerlukan penghantar panas saat bekerja.

Slot Memory

Secara fisik, bentuknya memanjang, sesuai dengan panjang RAM. Pada umumnya posisi slot memory ini bersebelahan dengan socket prosessor, dan biasanya jumlahnya lebih dari satu slot. Disinilah RAM dipasang.

Slot IDE dan Slot SATA

Kedua slot ini berbeda bentuknya, tetapi memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk penghubung Hardisk atau CD-ROM ke motherboard. Ciri fisk dan slot IDE adalah bentuknya yang agak memanjang, menyesuaikan dengan kondisi fisik kabel data IDE. Sedangkan untuk slot sata, bentuk fisiknya lebih kecil, dan tidak terlalu memakan tempat, karena kabel data SATA juga bentuknya relatif kecil

Slot AGP dan PCI Express x16

Kedua slot ini fungsinya adalah sebagai tempat dipasangnya VGA Card atau Graphic Card. Kedua slot ini berbeda jenisnya, AGP adalah jenis lama dan sudah jarang ditemukan di motherboard jenis baru. Kebanyakan motherboard sudah pada menggunakan slot PCI Express untuk penghubung dengan kartu grafis

Slot PCI dan PCI Express x1

Slot ini digunakan untuk memasang berbagai macam peripheral tambahan.PCI Express ada dua macam, yaitu PCI Express x16 (untuk VGA Card) dan PCI Express x1 (untuk peripheral tambahan). Slot PCI ini biasanya tersedia lebih dari satu slot, karena untuk mengantisipasi banyaknya peripheral tambahan yang terpasang nantinya.

BIOS

BIOS (Basic Input Output Sistem) merupakan sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. BIOS bertanggung jawab atas kesiapan komputer dalam melakukan booting dengan mengecek hardware yang terpasang pada komputer.

Battery CMOS

Battery CMOS (Complimentary Metal Oxide Semicondutor) merupakan sebuah battery kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan juga untuk menyimpan semua settingan yang ada pada BIOS. Bentuk seperti battery jam tangan, hanya saja bentuknya yang lebih besar.

Power Connector

Connector ini tidak kalah penting dari yang lainnya. Connector ini menghubungkan motherboard dengan power supply agar motherboard bisa mendapatkan daya listrik. Biasanya berjumla 20-24 pin.

I/O Ports

Bagian ini biasanya dapat kita gunakan dari luar casing. Merupakan kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Terdiri dari USB, LAN, VGA, SERIAL, PS/2.

Pin Kabel Front Panel

Bentuknya seperti jarum-jarum, digunakan untuk memasang tombol power, restart, led power dan led hardisk. Untuk memasang kabel-kabel yang ukurannya sangat kecil ini, kita biasanya dibantu dengan bacaan yang ada disekitar pin front panel di setiap motheboard.

Sumber : Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya, web pintarkomputer.com


3. RAM (Random Access Memory)


Ram adalah unit penyimpan data yang tidak permanen, dengan kata lain data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Besar kecilnya komputer ditentukan oleh besar kecilnya RAM yang dimilikinya. Di samping itu RAM juga digunakan untuk memproses data. Dengan demikian kapasitas RAM harus cukup besar untuk menampung semua itu.


4. Harddisk (HDD)


Harddisk adalah tempat penyimpanan data yang permanen, jadi anda tidak usah khawatir jika listrik sudah dimatikan. Di dalam Harddisk terdapat piringan megnetik untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis untuk memutar piringan tersebut, serta head untuk membaca data.


5. VGA Card (Kartu Grafis)


VGA Card adalah singkatan dari Video Graphics Acceleretor yang fungsinya untuk mengolah data graphics untuk ditampilkan di layar monitor. VGA Card ditentukan dari ukuran RAM  nya, semakin besar RAM sebuah VGA Card maka semakin halus pula gambar yang dihasilkan.


6. Optical Drive (CD/DVD)


Optical Drive adalah alat pembaca untuk media penyimpan data berupa disk DVD / CD. DVD/ CD berupa kepingan cakram optik yang berisi data.


7.    Sound Card


Sound Card adalah bagian untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.


8.    Monitor


Monitor adalah media untuk menampilkan gambar hasil output dari VGA Cards. Jenis monitor antara lain: CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display), dan Plasma Gas.


9.    Power Supply


Berfungsi untuk menyalurkan listrik ke peralatan komputer yang ada didalam PC.


10.  Keyboard


Keyboard adalah sebuah papan ketik yang berisi semua model huruf, angka, karakter dan tanda baca yang menjadi sarana bagi pengguna komputer dalam memasukkan data ke komputer.


11.  Mouse (Pointing Device)


Mouse adalah sebuah alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda, alat tersebut digerakkan maka akan memberikan sinyaltertentu pada komputer sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi yang diinginkan pemakai.


12.  Printer


Printer adalah alat untuk mencetak data yang diolah oleh komputer.


Nah begitulah ternya komputer itu, sebuah perangkat yang saling berhubungan dan ketergantungan antara satu dan lainnya.. dan andaikan dipisahkan, bagaikan memisah api dan bara.. hahaha terbawa suasana ne,.. okelah sampai bertemu di lain artikel dan terimakasih atas kunjungannya..
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dasar-Dasar Komputer Rating: 5 Reviewed By: Elfa