728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 31 Oktober 2016

Tips Cara Merawat Kuku Secara Alami



Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar berbagai hal saat beraktivitas sehari-hari, dari mengetik di depan komputer, memegang uang hingga mengelola makanan di dapur. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan terutama kuku. Perhatikan teknik perawatan dan materi yang digunakan dalam perawatan kuku Anda

Kuku merupakan tulang yang tumbuh pada ujung jari tangan maupun ujung jari kaki dengan ukuran yang tipis dan sedikit melebar tergantung dengan ukuran jari. Kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang merupakan tempat kumpulan syaraf penting bagi tubuh agar tidak terluka. Kuku biasanya tampak kemerahan karena dibawahnya terdapat pembuluh kapiler untuk menerima suplai darah. Orang terkadang melupakan cara merawat kuku jika melihat pertumbuhan kuku yang cepat dibanding tulang lain yaitu ½-1.5 mm per satu minggu.

Cara Merawat Kuku 

Kuku yang terawat baik akan terlihat cantik. Kuku cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri.

Tidak jarang, seseorang yang ingin memiliki kuku cantik melakukan perawatan kuku di salon. Selain praktis, hasilnya pun terlihat lebih bagus daripada merawat sendiri di rumah. Tapi, tahukah Anda? Ternyata terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon juga tidak baik untuk kesehatan kuku.

Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh. Hal ini karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras saat di salon. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi kuku kronis atau bagian sekitar kuku seharusnya rata namun menjadi bengkak. Cobalah untuk melakukan perawatan kuku sendiri di rumah. Namun, jika Anda tetap memilih melakukannya di salon, sebaiknya membawa sendiri peralatan perawatan kuku Anda.

Berikut cara merawat kuku yang dapat kita kerjakan sendiri di rumah :
  1. Membersihkan dan merapikan kuku dengan gunting kuku.
  2. Hindari memotong kutikula karena berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar infeksi.
  3. Mendorong dengan lembut kutikula dengan stik khusus untuk kutikula.
  4. Rendam jari selama 10 menit sambil dipijat dan disikat dalam air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis, olive oil, garam dalam baskom.
  5. Keringkan dengan handuk dan gunakan pelembab kuku.
  6. Untuk kuku kaki, rendam dalam air garam dan kelopak mawar lalu sikat untuk menghilangkan sel kulit mati.
  7. Membersihkan dengan scrub dan mengoleskan pelembab.
  8. Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Terkadang mengamplas kuku bisa memudahkan kita dalam membentuk kuku dan membuatnya lebih cantik. Namun, alih-alih mendapatkan kuku cantik, menggunakan pengamplas kuku terlalu sering justru bisa membuatnya rusak. Kuku bisa mengalami retak kecil hingga retak permanen. Penggunaan aseton untuk membersihkan kuku juga dapat membuat kuku rusak. Aseton ditemui dalam cairan penghapus kuteks. Sebuah studi menemukan bahwa kuku yang rapuh jika dibersihkan menggunakan aseton akan membuat kuku bertambah rapuh.

Perawatan Kuku Secara Alami

Guna mendapatkan kuku cantik, cobalah beberapa cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Misalnya dengan merendam kuku dengan minyak zaitun yang hangat selama 15 atau 20 menit. Olive oil bisa membuat kuku lebih halus.

Agar kuku berkilau dan kuat pijatlah kuku dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam jeruk lemon. Setelah selesai, cuci kuku hingga bersih. Tidak hanya bisa membuat kuku berkilau dan kuat, lemon juga bisa menghilangkan noda pada kuku. Caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dengan secangkir air. Kemudian rendam kuku ke dalam campuran tersebut selama beberapa menit. Jika sudah selesai, cuci bersih kuku dan gunakan pelembap.

Tips Merawat Kuku Secara Alami

  1. Menggunakan lidah buaya dengan mengoleskannya secara merata.
  2. Mencampurkan 1 sendok perasan lemon dengan pasta gigi pemutih dan oleskan ke kuku. Diamkan hingga kering, bilas dengan air hangat. Dan lakukan minimal seminggu sekali.
  3. Bawang putih yang mengandung zat untuk penguat kuku cukup diparut dan dioleskan. Tunggu dan bersihkan. Atau dengan menggosokkannya langsung ke kuku Anda.
  4. Mencampur 2sdm madu dan minyak zaitun ke panci, panaskan dan aduk merata. Lalu campur kocokan telur dan aplikasikan merata. Diamkan sekitar 10-15 menit. Bersihkan.
  5. Menggosokkan kulit semangka di kuku lalu tunggu hingga kering sebelum dibilas.
  6. Belimbing wuluh yang sudah dipotong lalu digosokkan ke permukaan kuku hingga bersih dan mengkilap.

Rawat kuku cantik dari dalam


Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, Anda juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah susu, telur dan kacang-kacangan.

Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawatlah kuku dengan baik agar dapat terlihat bersih dan cantik. Untuk mencegah infeksi atau kerusakan yang mungkin muncul, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam merawatnya.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips Cara Merawat Kuku Secara Alami Rating: 5 Reviewed By: My Grapes