728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 09 September 2016

Tips Menjaga kebersihan Vagina


Munculnya aroma tidak sedap dari organ intim Anda tentu saja sangatlah mengganggu. Bahkan bukan tidak mungkin hal ini akan berdampak buruk kepada kehidupan pernikahan Anda dan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri.

membersihkan vagina


Berikut tips untuk menjaga kebersihan vagina 


1. Hindari penggunaan sabun maupun disinfektan


Jangan terlalu sering menggunakan sabun, kandungan bahan yang terdapat dalam sabun bisa memusnahkan bakteria baik yang tumbuh di area vagina yang berfungsi untuk melawan infeksi. Selain itu, sabun bisa membuat tingkat keasaman pada area genital ini berubah. Bersihkan organ intim dengan air hangat, tanpa sabun atau produk khusus, tiap kali mandi. Hindari sabun dengan bahan kimia yang keras dan yang mengandung parfum.

2. Pastikan kering

Tidak hanya bersih, pastikan kondisi sekitar area organ intim kering. "Usai pipis maupun mandi pastikan seka di sekitar area organ intim dengan tisu atau handuk bersih.

3. Bersihkan dari depan ke belakang

Pastikan untuk membersihkan organ intim dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya untuk mencegah mikroba dari anus menyebar ke vagina dan saluran kemih.

4. Pilih celana dalam berbahan katun

Kenakan celana katun namun jangan terlalu ketat agar sirkulasi udara terjaga dengan baik. Celana dalam ketat malah membuat area vagina jadi lembap sehingga jamur mudah tumbuh.

5. Rutin ganti pembalut saat menstruasi

Saat menstruasi rutin ganti pembalut agar tidak lembap.

6. Iringi dengan makan sehat

Pola makan berperan penting dalam memastikan kesehatan organ reproduksi Anda. Perbanyak makan buah, sayur serta ditambah yoghurt untuk menghindari jamur tumbuh berkembang di organ intim Anda.

7. Jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih khusus untuk organ intim

Organ intim kita memiliki sistem pembersih alami dan produk pembersih khusus organ intim sering kali mengganggu tingkat normal pH vagina sehingga dapat memicu iritasi atau infeksi.

8. Membersihkan Organ Intim setelah Berhubungan Seks

Tidaklah aneh jika vagina mengeluarkan aroma tertentu setelah berhubungan intim, terutama jika pasangan tidak menggunakan kondom. Tingkat pH vagina yang berubah akibat sperma dan cairan lain yang keluar saat berhubungan intim bisa memengaruhi aroma pada vagina.


Terdapat beberapa langkah sederhana untuk mencegah munculnya aroma tidak sedap setelah berhubungan seks. Anda bisa membasuh vagina dengan air hangat setelah selesai berhubungan seks. Lakukanlah secara perlahan-lahan dan bisa ditambahkan dengan sabun. Selain itu, cobalah untuk membuang air kecil setelah berhubungan seks. Hal ini berguna untuk menghilangkan mikroba dari anus atau vagina yang mungkin masuk ke dalam saluran kemih saat berhubungan intim.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tips Menjaga kebersihan Vagina Rating: 5 Reviewed By: My Grapes