728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 19 September 2016

Bahaya Terselubung Dibalik Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kedelai


Anda harus mempertimbangkan bahwa semua fakta tentang kedelai adalah hasil dari usah pemasaran sebuah produk, yang selama bertahun-tahun bekerja sangat baik sehingga semua orang sekarang yakin bahwa kedelai adalah makanan super yang dapat memberi makan dunia dan menyelamatkan lingkungan. Hasilnya, saat ini hampir setiap produk makanan dan minuman kemasan mengandung kedelai.

Alasan utama mengapa Anda harus menghindari kedelai adalah alasan yang sama mengapa Anda harus meninggalkan produk biji-bijian dan kacang-kacangan lain. Lektin merupakan salah satu zat anti gizi yang terdapat pada biji kacang-kacangan, lektin adalah sejenis protein pengikat sel tubuh, jika kadarnya tinggi di dalam tubuh, lektin dapat mengganggu sirkulasi darah dan pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan tubuh. Secara rinci, ada beberapa bahaya lektin (jika kadarnya tinggi) pada tubuh anda, yakni:
  • Mengganggu proses pembakaran lemak
  • Dapat memicu kelainan darah, jika tertimbun di dalam sistem pembuluh darah
  • Dapat memicu stroke akibat timbunan lektin dalam aliran darah
  • Dapat memicu kenaikan berat badan, karena sistem metabolisme melambat
  • Mengganggu produksi insulin
  • Memicu retensi cairan, dan
  • Memicu iritasi lambung
  • Memicu kelelahan

Anda mungkin sudah mengetahui kandungan dari biji-bijian dan kacang-kacangan, tapi fakta yang membuat kedelai menjadi sumber kalori yang sangat buruk, antara lain :

Efek goitrogenik kedelai


Kedelai mengandung kadar goitrogens sangat tinggi. Goitrogens adalah senyawa yang menghambat kemampuan tiroid untuk memanfaatkan yodium, yang dapat menyebabkan masalah hipotiroid. Masalah tiroid sangat umum hari ini, terutama bagi perempuan.

Bila Anda memiliki kelenjar tiroid berkinerja buruk (hypothyroidism), seluruh metabolisme Anda melambat. Anda merasa dingin sepanjang waktu, Anda memiliki energi yang rendah dan Anda menangkap hampir semua virus yang berada di sekitar anda, karena sistem kekebalan tubuh yang lemah.


Kedelai dan estrogen

Kedelai mengandung estrogen nabati dalam bentuk isoflavon. Isoflavon ini juga sangat efektif meningkatkan kadar estrogen yang ada di dalam tubuh dan dapat menurunkan kadar testosteron Anda. Kadar estrogen berlebih pada tubuh memiliki pengaruh yang sangat buruk bagi pria, wanita serta anak-anak dan bayi yang baru lahir.



Pada pria, perbandingan testosteron dan estrogen yang tidak sesuai pada pria dapat menyebabkan menurunnya libido, akumulasi lemak di sekitar pinggang dan kehilangan energi, stamina dan kejantanan dan dapat mnyebabkan ginekomastia. Ginekomastia adalah terjadinya peningkatan ukuran payudara pada pria.


Pada Wanita, memiliki tingkat abnormal tinggi estrogen dapat mengganggu periode haid, mengganggu kesuburan dan  meningkatkan risiko  kanker payudara.

Pada Bayi Baru lahir, Saat ini, beberapa susu formula mengandung kedelai dalam jumlah besar. Seorang bayi perlu memiliki hormon dalam rasio yang tepat untuk berkembang secara normal dan bayi laki-laki membutuhkan banyak testosteron untuk membentuk ciri-ciri seksualnya. Berlebihnya kandungan estrogen pada tahapan ini dapat menyebabkan testis tidak berkembang dan masalah ketika pubertas datang dapat menyebabkab ginekomastia, kurangnya rambut wajah dan pengebirian. 


Beberapa vegetarian berpendapat bahwa makan daging menghancurkan bumi ini dan bahwa mengganti protein daging dengan kedelai merupakan alternatif yang baik. Mereka yang percaya hal ini menunjukkan bahwa mereka sama sekali tidak tahu tentang  sistem industri bekerja. Tanaman kedelai mungkin yang paling merusak dari semua monocrops. Kedelai menyerap cukup banyak nutrisi tanah, termasuk salah satu tanaman sarat pestisida dan saat ini hampir seluruh kedelai merupakan hasil dari rekayasa genetik. 

Dari artikel ini diharapkan dapat memberi Anda alasan yang cukup kuat untuk menjauhkan diri dan keluarga dari jenis kacang-kacangan ini, baik produk langsung ataupun hasil olahannya. Lebih bijak bila kita lebih memilih sayuran dan buah-buahan sebagai gantinya, yang merupakan sumber nutrisi jauh lebih unggul dari kedelai.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bahaya Terselubung Dibalik Makanan dan Minuman Yang Mengandung Kedelai Rating: 5 Reviewed By: My Grapes