728x90 AdSpace

Latest News
Jumat, 16 September 2016

Dampak Buruk Kafein Bagi Kesuburan Wanita dan Kesehatan

Sangat sulit untuk menemukan informasi tentang efek berbahaya dari kafein. Hal ini disebabkan karena dampak positif kafein yang sangat banyak. mungkin sebahagian besar dari kita tidak mengetahui dampak negatif yang dapat ditimbulkan dalam hal ini  mengkonsumsi kafein dengan dosis berlebihan.

Berikut adalah beberapa studi yang menyimpulkan bahwa kafein dapat berpotensi berbahaya untuk kesehatan.



Kematian Dini

Lebih dari 4 cangkir kopi sehari dapat menyebabkan kematian dini. Sebuah Klinik Mayo studi bermitra menemukan bahwa pria yang minum lebih dari empat cangkir kopi mengalami peningkatan 21 % dalam semua penyebab kematian. Namun, mereka  melaporkan bahwa mereka mengkonsumsi kafein berlebih biasanya identik dengan perokok dan kurang bergerak. Sehingga hasil penelitian ini masih belum dapat memastikan efek nyata dari kafein.


Meningkatkan Tekanan Darah

Konsumsi kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Terutama pada penderita hipertensi dan orang yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein. Pada penelitian, orang dengan hipertensi, diberi 250 mg kafein (sekitar 2 gelas kopi ) dan data menunjukkan bahwa tekanan darah mereka meningkat selama sekitar 2-3 jam setelah memngkonsumsi kafein.

Penelitian kedua dilakukan oleh The Mayo Clinic terhadap orang-orang yang belum terbiasa mengkonsumsi kafein. pada penelitian ini menemukan hasil yang sama dari dosis 160 mg . Semua peserta mengalami kenaikan tekanan darah cukup tajam.


Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

Peningkatan risiko serangan jantung pada orang dewasa muda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Lucio Mos menemukan bahwa orang dewasa muda yang didiagnosis dengan hipertensi ringan memiliki 4 kali risiko terkena serangan jantung jika mereka mengkonsumsi jumlah kafein setara dengan 4 cangkir kopi . Konsumsi lebih moderat menunjukkan 3 kali lebih berisiko.


Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Memenurut sebuah penelitian, wanita yang terbiasa minum kopi 4 gelas sehari merasakan nyeri lebih sakit pada benjolan di payudara daripada mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

Menurut livestrong.com, perkiraan bahwa kafein dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena kanker payudara didasarkan pada hasil penelitian yang melaporkan bahwa wanita dengan tumor jinak pada payudara mereka merasakan nyeri pada payudara yang jauh berkurang setelah mereka menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. 

Walaupun pada sebuah tim peneliti lainnya pimpinan Ken Ishitani, M.D., menyatakan bahwa konsumsi kafein pada orang sehat maupun yang telah didiagnosa kanker payudara menunujukkan tidak adanya pengaruh besar dari kafein.


Mengurangi Kesuburan Wanita

Menurut sebuah studi dari University of Nevada School of Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk hamil sekitar 27 %. 

Kafein dapat mengganggu kontraksi otot saluran tuba . Saluran tuba yang bertanggung jawab untuk memindahkan telur dari ovarium ke rahim . Hal ini di saluran tuba di mana pembuahan terjadi. Oleh karena itu, jika kontraksi otot berkurang maka telur tidak akan berada di daerah yang optimal untuk pembuahan .


Masih cukup banyak dampak buruk dari kafein yang dapat dirangkum dari berbagai hasil jurnal ilmiah,. namun demikian, pada umumnya efek buruk kafein lebih berpengaruh bila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam kondisi tubuh yang sudah memiliki penyakit seperti hipertensi.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dampak Buruk Kafein Bagi Kesuburan Wanita dan Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: My Grapes