728x90 AdSpace

Latest News
Senin, 12 September 2016

Mengatasi Haid Tidak Teratur

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina.

Hipofisis adalah pematangan sel telur dan keluarnya sel telur dari indungnya kerjasama antara otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak. Hipofisis mengeluarkan hormon FSH ( follicle stimulating hormone ) dan LH ( luteinizing hormone ).

Hormon FSH bertugas mempercepat pematangan telur, sedangkan hormon LH bertugas sebagai penyempurnaan proses pematangan telur hingga dapat mendekati indung telur untuk dilepas. Bila tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, maka sel telur akan mati.

Hymen Imperforata adalah selaput darah tidak berlubang sehingga darah menstruasi terhambat untuk keluar. Hal ini disebabkan karena pada saat waktunya menstruasi tetapi belum mendapatkannya.

Meno-metromhagia ialah Perdarahan dalam jumlah banyak yang terjadi didalam dan diluar siklus haid. Beberapa perempuan mengalami menstruasi atau haid tidak teratur dikarenakan tubuh banyak memproduksi hormon androgen, hormon yang menyebabkan peningkatan massa otot, dan berat badan mudah naik.

Ada beberapa pendapat dari para ahli, cara mengenali tanda – tanda menstruasi tidak teratur, seperti : payudara lebih berat, sakit kepala, banyak timbulnya jerawat, perubahan mood ( selera perasaan ).


Haid Datang Lebih Awal

Kamu patut mewaspadai jika haid datang lebih awal dibanding biasanya. Hal ini menggambarkan adanya kelainan atau penyakit, antara lain perkembangan kanker atau gangguan kelenjar endokrin.

Selain itu, menstruasi yang selalu datang lebih awal juga dapat mengakibatkan anemia, keguguran, dan juga mempengaruhi kehamilan.

Haid Terlambat

Datang terlalu awal tidak baik, demikian pula jika haid datang terlambat. Haid dapat dikatakan datang terlalu awal maupun terlambat jika kurang atau melebihi 7 hari sebelum dan sesudah haid sebelumnya.

Oleh karena itu, jika haid anda datang terlambat 7 hari setelah haid sebelumnya, kamu patut waspada. Terdapat dua kemungkinan penyebab hair datang terlambat; kehamilan dan haid yang tidak teratur. Apabila sering terjadi (lebih dari 3 kali), maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan agar dapat ditangani secepatnya.

Warna Darah Haid Abnormal

Haid yang normal darahnya berwarna merah gelap disertai bercak warna merah. Bercak tersebut merupakan lendir serviks. Oleh karena itu, jika darah haidmu berwarna merah jernih mendekati tekstur air, berwarna merah muda, hitam, atau ungu, maka hal tersebut menandakan warna darah haid yang tidak normal. Jika seluruh darah hair berupa gumpalan darah, maka itu juga tidak normal.

Lama Menstruasi Berubah

Menstruasi yang melebihi 7 hari dapat dikategorikan sebagai menstruasi yang tidak normal. Menstruasi yang terlalu lama dapat menyebabkan wanita kehilangan banyak darah sehingga mempengaruhi kesuburan.

Amenorrhea

Amenorrhea merupakan suatu keadaan atau kondisi dimana pada seorang wanita tidak mengalami menstruasi pada masa menstruasi sebagaimana mestinya atau secara sederhana disebut dengan tidak haid pada suatu periode atau masa menstruasi.

Setiap orang atau anda dapat mengalami apa yang disebut dengan amenorrhea baik itu amenorrhea primer ataupun amenorrhea sekunder. Dikatakan amenorrhea primer adalah pada saat anda belum pernah mengalami menstruasi dan anda berusia 16 tahun atau lebih.


Sebelum memahami dari berbagai faktor penyebab akibat haid tidak teratur sebaiknya lebih dahulu kita memahami bagaimana siklus menstruasi dikatakan tidak normal. lama perdarahan datang bukan sangat bervariasi yaitu mulai dari 2 hingga 7 hari dengan interval antara jadwal atau waktu antara periode haid pertama dengan haid berikutnya adalah sekitar 28 hari. Pada umumnya wanita akan kehilangan darah sekitar 60 hingga 100 ml. Bila terjadi hal yang menyimpang dari uraian diatas tersebut, dapat dikatakan bahwa siklus menstruasi akan mengalami gangguan.

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab akibat haid tidak teratur, diantaranya :

Berat badan

Faktor penyebab dari akibat haid tidak teratur berikutnya adalah kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan. Kenaikan berat badan bisa merupakan indikasi terjadinya gangguan tiroid yang ditunjukkan oleh gejala lain seperti badan lesu, atau gangguan kesehatan yang lain. Selain gangguan tiroid kenaikan berat badan yang signifikan juga bisa disebabkan oleh penyakit ovarium polikistik yang terjadi karena masalah hormonal. Sementara penurunan berat badan yang terlalu mencolok bisa dipicu oleh penyakit yang berhubungan dengan psikis seperti bulimia nervosa atau anoreksia nervosa.

Stress

Tekanan yang berat atau gangguan psikis yang mengguncang juga dapat berimbas pada siklus menstruasi. Hal ini terjadi karena gangguan atau ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu perdarahan yang tidak normal.

Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi bisa memberikan dampak yang berhubungan dengan ketidakteraturan siklus menstruasi. Konsumsi pil KB bisa mengakibatkan darah yang keluar hanya sedikit atau malah berlebihan, sama halnya dengan suntikan atau pada penggunaan kontrasepsi setelah melahirkan.

Kehamilan

Alasan yang paling umum dari siklus akibat haid tidak teratur dalam kelompok usia reproduksi biasanya berhubungan dengan kehamilan. Jika periode haid terlewati, tes kehamilan akan menjadi sebuah keharusan. Kadang kadang kehamilan bisa terjadi pada pasien perimenipause (dekat menopause). Sementara jika pendarahan melampui batas waktu, bisa jadi tanda dari kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim). Siklus yang tidak teratur merupakan tanda yang umum dan sering terjadi pada pasca kehamilan. Sementara itu, pemberian ASI juga dapat menyebabkan waktu menstruasi anda akan terlambat.



Mengatasi Haid Tidak Teratur.


Haid salah satu peristiwa yang akan terjadi pada masa perubahan anak anak menuju remaja atau mengalami masa pubertas. Karena pada saat masa seperti sebagian organ di dalam tubuh sudah bisa berfungsi dengan baik, seiring berjalan nya usia. Haid merupakan keluar nya darah kotor dari vagina, dan hanya bisa terjadi oleh wanita karena darah haid keluar jika rahim meluruh atau menipis pada bagian dinding nya, sehingga pada saat itu terjadi keluar nya darah haid. Hadi akan secara teratur keluar setiap satu bulan sekali selama tujuh hari kurang lebih lama nya. Namun, ada juga haid tidak teratur, haid tidak teratur berada pada siklus lebih dari 30 hari, sehingga bisa lebih dari satu bulan tidak mengalami haid. Haid seperti ini merupakan haid yang tidak normal, karena mengalami gangguan haid yang menyebabkan haid tidak teratur. Jika haid tidak teratur pada saat pertama terjadi nya haid mungkin di sebabkan oleh hormon yang belum stabil atau pun di sebabkan oleh faktor genetik.

Namun, jika haid tidak teratur tidak dialami sejak awal, atau dialami secara tiba tiba maka ada penyebab yang mempengaruhi keluar nya darah haid tidak lancar. Haid tidak teratur bisa di sebabkan oleh perubahan hormon yang menurun, jika dialami oleh wanita yang sudah lanjut usia nya karena sudah mendekati waktu atau masa menopause sehingga menyebabkan darah haid tidak teratur keluar nya. Di sebabkan oleh ada nya penyakit pada rahim bisa menyebabkan haid tidak teratur sebagai salah satu gejala nya. Atau selain itu juga, haid tidak teratur bisa karena penggunaan rokok juga, karena rokok menyebabkan haid tidak lancar. Selain itu juga hormon yang tidak stabil bisa di sebabkan oleh penggunaan dari obat obatan yang di gunakan, atau pun juga bisa di sebabkan oleh nutrisi dari makanan yang kurang maka dari itu akibat buruknya bisa menyebabkan haid tidak teratur, yang terjadi setiap bulan nya.

Mengatasi Haid Tidak Teratur

Haid tidak teratur akan menyebabkan siklus haid tidak menentu, sehingga sulit untuk menentukan waktu masa subur yang tepat. Karena hal itu maka kesuburan wanita pun akan terganggu maka dari itu jika ingin hamil akan sulit jika haid tidak teratur masih dialami. Haid tidak teratur jika sudah berangsur angsur lama karena di sebabkan oleh ada penyakit atau gangguan lain nya sebaik nya diketahui dahulu penyebab nya agar bisa mengatasi haid tidak teratur bisa lebih mudah. Mengatasi haid tidak teratur masih bisa di lakukan tanpa menggunakan obat, tetapi hanya bisa di lakukan jika penyebab haid tidak teratur bukan di sebabkan oleh ada nya suatu penyakit di dalam tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi haid tidak teratur, atau untuk mengembalikan siklus haid selama 21 atau 30 hari, sehingga haid akan kembali rutin terjadi selama satu bulan sekali. Maka dari itu jika ingin mengatasi haid tidak teratur bisa melakukan beberapa cara seperti di bawah ini :

Menstabilkan hormon

Karena haid bisa terjadi karena hormon estrogen, oleh karena itu jika ingin mengatasi haid tidak teratur maka sebaik nya mengatur hormon di dalam tubuh agar tetap stabil. Jika ingin menstabilkan hormon estrogen, sehingga bagian hormon di dalam tubuh tetap di produksi dengan baik oleh tubuh maka dari itu bisa menjaga makanan salah satu nya, jika makan makanan yang sehat maka hormon di dalam tubuh akan stabil sehingga mengatasi haid tidak teratur. Makanan yang sehat makanan yang tidak ada bahan pengawet di dalam nya dan dari bahan dasar yang baik sehingga bisa membantu memproduksi hormon dengan baik sehingga hormon akan stabil, haid pun akan kembali lancar atau pun teratur.

Mengganti alat kb

Jika haid tidak teratur terjadi setelah penggunaan alat kb, karena alat kb yang mengganggu hormon, maka dari itu sangat mudah untuk mengatasi nya. Mengatasi haid tidak teratur yang di sebabkan oleh alat kb bisa dengan mengganti alat kb yang lain nya agar mengatasi haid tidak teratur. Atau jika perlu maka sebaik nya tidak menggunakan alat kb, karena mencegah kehamilan pun bisa di lakukan secara alami juga tanpa menggunakan alat kb.

Pola hidup sehat

Mengatasi haid tidak teratur bisa dengan menjaga pola hidup dengan baik atau pola hidup jauh. Pola hidup yang sehat bisa seperti menjauhi hal hal yang tidak baik untuk kesehatan seperti merokok atau pun yang lebih bahaya lain nya. Karena dengan begitu juga bisa membantu mengatasi haid tidak teratur juga sehingga akan haid lagi setiap bulan nya.

Hindari stress

Jika ingin mengatasi haid tidak teratur maka cara yang paling mudah dengan tidak membiarkan diri mengalami stress yang akan mengganggu hormon dan haid menjadi tidak teratur.

Olahraga

Mengatasi haid tidak teratur yaitu dengan melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga salah satu yang bisa di lakukan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Mengatasi Haid Tidak Teratur Rating: 5 Reviewed By: My Grapes